Resep kue keju tanpa mixer tanpa telor

Bikin kue bagi pemula

Resep kue keju tanpa mixer tanpa telor bagi pemula (bukan kastengel)

PERABOTAN
– Wadah adonan
– Wadah lelehan
– Wajan
– Pisau
– Sendok garpu
– Parutan keju
– Kompor
– Oven

BAHAN
– Terigu 3 sendok makan kurleb 50 gram (liat gambar)
– Mentega (unsalted) kurleb 20 gram (liat gambar)
– Blueband kurleb 20 gram (liat gambar)
– Keju Kraft kurleb 20 gram (liat gambar)

CARA

004 005 006
Potong mentega kira2 sebesar yg terdapat pada gambar. Di gambar, dari bungkus menteganya keliatan kurleb 20 gr. Taroh mentega di wadah, lalu tambahkan Blueband. Isi wajan dengan air secukupnya. Lelehkan itu mentega dan Blueband dengan api kecil.

 

008 007
Sambil nunggu meleleh, olesin itu loyang dengan Blueband. Sudah meleleh. Diemin sampe suhu normal. Celupin aja jari, kalo sudah ga ada terasa panas atopun anget, itu udah normal. Kalo ga sabar, bawa kedepan kipas angin sate. Sambil nunggu mentega+Blueband dingin, ambil terigu 3 sendok makan.

 

002 003 009
Taroh di wadah adonan. Potong keju kira2 sebesar yang di gambar. Parut keju kedalam wadah yang udah ada terigunya itu.

 

010 012 014
Aduk pake tangan itu campuran terigu dan keju sampe rata. Jangan di pencet-pencet. Campuran terigu dan keju setelah diaduk rata. Kalo mentega+Blueband udah suhu normal, tuangin dua sendok ke adonan secara menyebar, jangan di satu tempat.

 

015 016 017
Aduk pake tangan sampe rata. Kalo ada yang mrungkul kegedean, di amprulin pake jari. Tapi jangan di pencet2. Setelah di aduk gambarnya kira2 kayak diatas. Tuangin lagi 2 sendok cairan mentega+Bluebandnya secara merata, lalu aduk rata lagi. Kalo ada yang mrungkul kegedean, di amprulin pake jari. Tapi jangan di pencet2. Gambar diatas setelah pengadukan dengan 4 sendok cairan mentega+Blueband. Tuangin lagi dua sendok. Aduk lagi. Ini kali adonan mulai menyatu kayak gambar diatas, jari2 tangan juga udah gak blepotan lagi dgn adonan. Pabila adonan terasa masih rada keras, boleh tambahin 1 sendok cairan mentega+Bluebandnya. Jangan di pencet2 keras keras, nanti kuenya katos jadi cocok buat nyambit kepala orang.

 

019 021 022
Taroh adonan kayak gambar diatas. Cuma jadi 12 biji. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat, pake api atas dan bawah. Pasang timer selama 20 menit. Itu gambar diatas kuenya sudah mateng. Kenapa terbelah belah, karena di menit ke 15 saya belah pake garpu untuk nge-cek apakah tengahnya masih basah ato kagak. Sekalian nyobain.

KETERANGAN
Takeran bahan emang sengaja dibikin sedikit, karena resep ini diperuntukan bagi pemula – orang yang baru pertama kali belajar bikin kue seperti saya. Jadi kalo misalnya gagal, gak gitu kesel karena toh nggak bikin banyak.

Kalo nanti ngerasa udah mantep bikin resep ini, kalo mao jadinya lebih banyak tinggal dikali-in dua aja takeran bahan-bahannya. Ato kalo gak doyan resep ini, pake resep laen yang ada di internet :).

Pembuatan kue diatas adalah yang ketiga kalinya saya bikin kue. Yang pertama gagal karena gosong dan katos. Yang kedua berhasil, tapi saya masih ragu mengenai timing-nya kapan itu kue mateng. Makanya foto yang diatas kuenya juga jadi pada terbelah dua karena ngecek apakah tengahnya udah mateng ato belon.

LATAR BELAKANG
Awalnya kangen kepingin makan kue keju bikinin ibu, cuma karena dia sudah gak ada – saya kubek2 internet utk cari resepnya.

Buat saya, terasa ribet banget persiapan dan cara2nya yang di internet… seingat saya, ibu gak sampe seribet itu, dia gak pake telor, gak pake mesin mixer, dan gak pake gilingan kayu segala. (dia “aneh” sendiri cara bikinnya – tapi saya suka karena peralatan simpel, mudah dan dengan bahan bahan yang minim). Untung adik ibu saya masih idup, dimana karena satu turunan … cara bikinnya juga sama dgn ibu saya. Berkat adik ibu saya, ya jadilah kayak diatas.

SELAMAT MENCOBA.

2 thoughts on “Resep kue keju tanpa mixer tanpa telor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *